Minggu, 03 Mei 2015

KRISTALOGRAFI



Kristalografi
Batuan  adalah kumpulan satu  atau  lebih   mineral, yang   dimaksud   dengan mineral sendiri  adalah  bahan anorganik,  terbentuk  secara alamiah,  seragam  dengan  komposisi  kimia  yang  tetap  pada  batas  volumenya dan mempunyai  kristal yang  karakteristiknya  tercermin dalam bentuk  fisiknya. Jadi, untuk mengamati proses geologi dan  sebagai  unit terkecil dalam geologi  adalah dengan mempelajari kristal.
Kristalografi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat geometri dari kristal terutama perkembangan, pertumbuhan, kenampakan bentuk luar, struktur dalam (internal) dan sifat-sifat fisis lainnya. Dapat diperjelas yaitu sifat geometri, memberikan pengertian letak, panjang dan jumlah sumbu kristal yang menyusun suatu bentuk kristal tertentu dan jumlah serta bentuk luar yang membatasinya. Dapat dijelaskan sebagai berikut :
a. Sifat Geometri
Memberikan pengetahuan tentang letak, panjang dan jumlah sumbu kristal yang menyusun suatu bentuk kristal tertentu dan jumlah serta bentuk bidang luar yang membatasinya.
b. Perkembangan dan Pertumbuhan Kenampakan Bentuk Luar
Bahwa disamping mempelajari bentuk-bentuk dasar yaitu suatu bidang pada situasi permukaan, juga mempelajari kombinasi antara suatu bentuk dengan bentuk kristal lainnya yang masih dalam satu sistem kristalografi, ataupun dalam arti kembaran dari kristal yang terbentuk kemudian.
c. Struktur dalam
Susunan dan jumlah sumbu-sumbu kristal juga menghitung parameter dan parameter rasio.
d. Sifat Fisik Kristal
Sangat tergantung pada struktur (susunan atom-atomnya). Besar kecilnya kristal tidak mempengaruhi, yang penting bentuk yang dibatasi oleh bidang-bidang kristal, sehingga akan dikenal dua zat yaitu kristalin dan non-kristalin.
(Anonim, 2015)
Perkembangan dan pertumbuhan kenampakan luar, bahwa disamping  mempelajari bentuk-bentuk dasar yaitu suatu bidang pada situasi permukaan, juga mempelajari kombinasi antara satu bentuk kristal dengan bentuk kristal lainnya yang masih dalam satu sistem kristalografi, ataupun dalam arti kembaran dari kristal yang terbentuk kemudian.
(Anonim, 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar